Perawat oh Perawat..

Hari ni capek bgtz.

Ralat.

Beberapa hari ni capek bgtz. Sejak hari rabu kmrn, aku observasi di rumah sakit bwt validitas instrumen skripsiku. Sebenernya, tgsku di situ cukup enteng; observasi. Tp, klo liat mbak2 ama mas2 perawat kelabakan (pa lagi yg shift siang), ga tega aja rasanya. So, aku bantu2 apa yang aku bisa selama di sana.

Tadi pagi aku bantuin mbak perawat buat perawatan luka diabetes. Yah, aku udah tau dari dulu kalo luka diabetes baunya khas, lain dari yang lain. Tp, tetep aja setelah sekian lama ga membaui, hidungku jadi mayan kaget.

Lanjut.

Pas ngerawat luka, aku mayan dikagetkan sama mbak perawat, soalé dia dengan teganya mengeluhkan tentang bau yg kluar dari luka diabet itu. Klo aku jadi pasien atau penunggunya, pasti udah aku marah2in, deh! Ini kan udah jadi pilihan hidup dia bwt jadi perawat. Harusnya kan dia udah tahu risikonya n ga ngeluh. Tp, gimana juga, mbak perawat ini baik, loh! Dia mau ngajar2in ilmu tentang penanganan pasien yang ga bakal diajarin di kampus. Tengkyu ya, mbak. Besok2 ajarin saya lagi. Hehe..

Eniwei, perawat di negara kita tercinta ini sebenarnya kasihan loh! Kenapa? Soalnya:

1.       1.Masih banyak orang yang menganggap klo perawat tuh pembantu dokter. Padahal kedudukan perawat tuh sebenernya sejajar loh sama dokter. Jd, perawat tu kan tenaga profesional yang punya body of knowledge sendiri.

2.       Perawat tu ujung tombak dalam pemberian pelayanan kesehatan. Jd, klo masyarakat ga puas, yg kena damprat pertamakali pasti perawat. Tapi, klo masyarakat puas, jarang ada yang memberi penghargaan. Pujian aja jarang.

3.       Saking banyaknya duit negara yang dikorup, dana kesehatan sedikit. Perlindungan keselamatan perawat waktu kerja jadi kurang. SoalĂ© sarung tangan dan masker pelindung (yg sebenernya adalah perlengkapan wajib pakai waktu ketemu pasien) ga bisa didapat dengan gratis. Pasien harus beli. Padahal ga smua pasien tu orang "mampu". Kebanyakan perawat kasihan sama pasien klo harus selalu beli sarung tangan dan masker. Makanya mereka (entah rela atau tidak) memilih untuk tidak setiap saat memakainya, jd hanya di waktu2 tertentu saja yang bener2 butuh. Walaupun mereka tau klo dirinya bukan tidak berisiko tertular penyakit.

4.       Tidak terlalu banyak perhatian dari pemerintah buat perawat.

Perawat oh perawat... Semoga Tuhan memberikan surga untuk mereka semua. Amin..

Guess that's all for today. Udah malem. Besok mu observasi lagi. Well guys, doain aku moga skripsiku cepet klar yah? Aku udah pengen bebas kek dulu lagi...

See y'all tomorrow!!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hidup dari Jendela Bus

Bulan Separuh

The World is On Fire, Tentang Serial Daredevil