Birthday?

Hoe hoe hoe...
Im bacK, Im bacK!

Beberapa hari lalu, sobat aku yang namanya ... mmm... enaknya disebutin ga? Sebutin aja ya? Namanya uwiez, telpon aku. Begitu aku angkat, dia langsung nanya dengan polosnya kek gini:

"Pin, pas kmu ulang taun kemaren, aku udah kasih selamat belum?"

FYI, ulang taun aku tgl 22 desember which is udah lewat dua minggu waktu dia nelpon.

"Udah. Kan waktu itu kmu nelpon sama mamah," jawabku. Cuz mang pas aku ulang taun itu, dia sama mamahnya nelpon aku, ngucapin met ulang taon.

"Oh, yawda. Kalo gitu met taon baru aja," kata dia kemudian.

"Loh, taon baru kemaren kan kamu juga udah kirim sms taon baru!" jawabku.

"Oh, udah juga yah? Yawda deh kalo gitu. Met setrika aja. Udah ya?" Uwiez mematikan telpon.

Dasar anak aneh! Kenapa ya, bolo-boloku tuh pada aneh semua. Yah, aku juga si! Mungkin karena menurut sifatnya, manusia itu cenderung berkumpul sama manusia lain yang bersifat sama, biar merasa aman gitu..

Dasar...

Baithewei, hari ini ponakanku yang tk ulang taun ke lima. Katanya si mu dirayain di sekolah. Heran, deh! Kok pihak sekolah ngijinin perayaan ulang taun di sekolah ya? Padahal kan ga semua orang tua siswa itu punya uang berlebih untuk merayakan ulang taun anaknya. Itu kan bisa menimbulkan kesenjangan sosial! Berarti sekarang ini pemakaian seragam sekolah hanya berfungsi sebagai identitas, dunk? Katanya pemakaian seragam tu juga berfungsi untuk mencegah kesenjangan sosial di antara siswa!
Gimana si, nggak jelas! Trus, di sekolah ponakanku itu juga, setiap ada siswa mendapat hadiah dari pihak sekolah. Mmm... kira-kira dananya darimana ya? Kalo dari gaji guru-gurunya, bagus.. bagus.. Tapi, kalo dari uang yang dibayarkan oleh orang tua, well, itu namanya penipuan publik. Iya, kan? Trus, kasian kan orang tua yang seharusnya bisa menggunakan uang itu untuk kebutuhan yang lebih penting.

Bukan, aku bukan tipe orang yang menentang perayaan ulang taun, apalagi pemberian kado ulang taun. Memberi kesenangan kepada anak-anak itu kan sesuatu yang, buat aku, harus dilakukan. Soalnya kenangan yang baik nantinya bisa menjadi pegangan sewaktu sedih. Tapi, harus diingat bahwa perayaan ulang taun jangan sampai membuat kesenjangan sosial. Jangan mengajarkan kepada anak-anak kita untuk pamer dan berbahagia di atas kesedihan orang lain. Tul gak?

Sebaiknya sih, perayaan ulang taun di sekolah tu cukup dinyanyiin aja. Untuk roti ulang taun, bagi-bagi sovenir atau makanan dilakukan di rumah atau di luar sekolah aja. Lebih bagus lagi, yang diajak makan-makan tu anak-anak yang tidak mampu. Tapi, jangan lupa, niatnya bukan untuk pameran! Oke?!

Komentar

Anonim mengatakan…
Weleh2 buw...
Namax juga anak2 gtcu... mereka mana bisa mikir yang begituan??? kalo aku gag biasa ada acara begituan. Dr TK mpe SMA. Br juga kuliah...
Aduh...duh...nambah umur tapi kog malah jadi kayak anak-anak yah??? hehehhehe....
Langit Senja mengatakan…
Heh, postinganku dibaca yang bener, dunk! Itu pesan bukan buwat anak2 TK, tapi buwat ortu n guru2-nya! Kalo anak2 si seneng2 aja!

Postingan populer dari blog ini

Hidup dari Jendela Bus

Bulan Separuh

The World is On Fire, Tentang Serial Daredevil