Petrichor

 
petrichor  /’pɛtrʌIkɔ:/
a pleasant smell that frequently accompanies the first rain after a long period of warm, dry weather
 
Menurut kamus Oxford, petrichor adalah aroma menyenangkan yang sering menemani hujan pertama setelah cuaca hangat dan kering yang lama. Kata petrichor berasal dari bahasa Yunani, tersusun atas kata petra yang berarti batu dan ichor yang berarti cairan yang mengalir di dalam pembuluh darah dewa-dewa mitologi Yunani. Istilah ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1964 oleh dua orang peneliti dari Australia, Bear dan Thomas, dalam artikel di Jurnal Nature. Dalam artikel tersebut mereka menjelaskan bagaimana aroma tersebut berasal dari minyak yang dihasilkan oleh beberapa tanaman selama periode kering di mana minyak ini diserap oleh tanah dan batu yang berbahan dasar clay. Selama hujan, minyak ini dilepaskan ke udara bersama geosim, sebuah hasil metabolisme actinobacteria tertentu, sehingga menghasilkan aroma khas.
 
Saya pertama kali mengenal istilah ini dari cerpen karya teman beberapa bulan yang lalu. Tapi, saya sudah jatuh cinta pada aroma ini semenjak saya kecil, jauh sebelum saya tahu bahwa aroma yang menyenangkan ini punya nama. Cinta pada aroma pertama mungkin. :p
 
Mengapa saya menyukai aroma ini? Mungkin sama dengan sebagian besar orang yang juga jatuh cinta pada aroma ini, tidak tahu. Ya, saya tidak tahu mengapa saya begitu menyukainya. Apa karena mengingatkan saya pada hal-hal tertentu? Saya rasa tidak. Seingat saya, sama sekali tidak ada kenangan yang membekas di kepala dan di hati saya yang berhubungan dengan aroma ini.
 
Mungkin, sebenarnya bukan aromanya yang membuat saya jatuh cinta, tetapi perasaan yang dibawa aroma ini pada saya. Setiap kali menciumi aroma ini, ada perasaan aneh yang menyenangkan tapi sekaligus membuat saya merasa sendu. Hujan memang selalu membawa perasaan sendu. Setiap kali hujan, lapisan awan akan menyembunyikan sinar matahari dan suhu akan menurun. Akibatnya, produksi hormon-hormon kebahagiaan akan menurun dan akhirnya membuat suasana hati menjadi sendu. Tapi bagi saya, kehadiran hujan itu suatu berkah yang menghapus rasa panas dan haus yang sebelumnya ada. Makanya kehadirannya juga membawa rasa yang menyenangkan.
 
Mungkin saya menyukai aroma ini karena setiap kali menghirupnya, rasanya dada saya menjadi begitu luas, begitu tenang, tersejukkan.
 
Mungkin saya menyukai aroma ini karena kehadirannya mengingatkan bahwa ada hujan yang menyejukkan setelah cuaca panas yang lama. Akan selalu ada jalan keluar dari setiap masalah. Akan selalu ada kemudahan di setiap kesulitan.
 
Entahlah. Mungkin seperti yang saya katakan sebelumnya; saya tidak tahu. Toh, tidak harus ada alasan untuk semua hal, kan? Nikmati saja setiap perasaan yang dibawa oleh si Petrichor ini. Yang jelas sih, saya berterimakasih padanya karena telah memberi saya banyak sekali ide untuk menulis.

Sumber:
Oxford University. 2013. Oxford English Dictionary. Oxfoddictionaries.com
Wikipedia. 2013. Petrichor. en.wikipedia.org/wiki/petrichor
Gambar didapatkan dari www.tumblr.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hidup dari Jendela Bus

Bulan Separuh

The World is On Fire, Tentang Serial Daredevil