Tunggu Aku!


Bel masuk baru saja berbunyi tapi Ewiek sudah banget sama si Dia. Hari ini bakalan panjang buat Ewiek. Dua jam pertama ada Kimia. Lumayan menyenangkan, sih! Soalnya yang mengajar adalah guru yang lumayan menyenangkan. Biar jayus, tapi asik. Ewiek emang seneng, tapi Ewiek bakalan lebih seneng lagi kalo si Dia ada di sini. Ewiek bakal lebih seneng lagi kalo dia bisa memeluk si Dia erat kayak kemaren.

“Eh, Kunyuk! Diliatin ama guru, tuh! Ngelamun aja!” kata teman sebangku Ewiek sambil menyikut lengannya pelan. Ewiek tersadar. Bayangan si Dia mulai ilang, tertutup sistem periodik unsur, konfigurasi elektron dan elektron valensi.

Ganti jam pelajaran; BAHASA INDONESIA!!! Membayangkan dua jam lagi harus dilalui sama guru bawel yang kalo ngomong sering nyakitin ati banget, membuat Ewiek makin kangen sama si Dia. Untungnya ntar separo pelajaran ini bakal kepotong istirahat.

Kira-kira kamu kangen aku nggak, sih? Kamu pengin ketemu aku nggak, sih? Pasti! Iya, kan? Kamu pasti pengin ketemu en meluk aku kayak kemaren! Pasti! Tunggu aku, ya? Pulang sekolah nanti kita pasti ketemu lagi. Aku janji pulang sekolah nanti langsung ke tempat kamu. Aku janji ntar nggak bakal telat lagi, kata Ewiek dalam hati. Dia tersenyum sendiri membayangkan pulang sekolah nanti bakal ketemu si Dia.

ISTIRAHAT!!! Semua anak di kelas kayaknya bisa bernapas lega. Guru bawel itu akhirnya keluar kelas. Ewiek segera keluar kelas begitu dia menghilang dari pandangan. Dengan sekuat tenaga Ewiek menghirup udara kebebasan sampai paru-paruku terasa penuh. “Ah .... segarnya,” katanya kemudian.

“EWIEK!”

Ewiek menoleh. Fina berlari ke arahnya. Cewek ndut tapi cantik itu langsung tersenyum dan menengadahkan tangan begitu sampai di depan Ewiek.

“Kaset Daredevilku!” katanya.

Ewiek langsung menepuk jidat. “Sori aku lupa. Besok, ya?”

“Ah, Ewiek! Lupa melulu!” gerutu Fina.

“Sori banget. Besok, yah? Kamu cantik deh! Jajan, yuk! Aku traktir.”

“Jajan?” tanya Fina memastikan. Ewiek mengangguk. “Traktir?” tanya Fina lagi. Ewiek mengangguk lagi. “Ya udah. Yuk! Kasetnya dibalikin besok juga gak pa-pa.”

Selama lima belas menit, Ewiek lupa sama si Dia. Fina, cewek lucu itu menyita hampir seluruh perhatiannya. Tapi, begitu bel masuk berbunyi, si Dia masuk ke dalam kepalanya lagi. Fina balik ke kelasnya nun jauh di sana. Guru bawel mulai ngomel lagi.

Satu jam pelajaran rasanya lamaaaaaa banget buat Ewiek. Yah, biarpun akhirnya berakhir juga, berganti Fisika.

Sekuat tenaga Ewiek berusaha fokus ke pelajaran. Tapi dia nggak bisa. Ewiek bener-bener kangen si Dia. Jadi inget senyuman si Dia, inget sama hangatnya pelukan si Dia kemaren, inget .... inget si Dia, semuanya.

“B nol sama dengan miu nol dikali I dibagi dua phi A.”

Suara guru Fisika itu menggema di telinga Ewiek. Dengan susah payah, dia berusaha bertahan agar matanya tetap terbuka. Susah banget. Untungnya setelah itu istirahat kedua.

“Ah, thank God,” ucap Ewiek begitu bel istirahat berbunyi. Cewek itu segera melangkah cepat ke kelas Fina. Sial! Cewek itu lagi ulangan. Biasa, beberapa guru memang suka mengambil jam istirahat buat ulangan. “Ah, ya udahlah. Mau gimana lagi?” gumam Ewiek, agak kesal.

Ewiek melangkahkan kakinya ogah-ogahan. Kepalanya tertunduk, kebiasaan lama kalo lagi kesel.

“Aduh!” pekik Ewiek waktu seorang cowok menabraknya.

Nggak tau gimana, tiba-tiba wajah Ewiek mendarat keras tepat di dada cowok itu. Hidungnya sakit gara-gara tabrakan sama tulang rusuk cowok itu. Tapi bau wangi dari tubuh cowok itu bisa membuat rasa sakit itu hilang. Mungkin dia pake parfum terapi aroma kali, ya?

“Sori, ya?” kata cowok itu kemudian.

Ewiek menengadah, menatap wajahnya. Wow, Oke, Ngetop! Gila! Cakep banget! Nggak tau darimana datangnya, tiba-tiba udah ada makhluk seindah itu di depan Ewiek, tersenyum padanya.

“Sori, ya? Kamu nggak pa-pa, kan?” tanya cowok itu sekali lagi. Ewiek cuma mengangguk, nggak bisa bilang apa-apa. “Kalo ada apa-apa, hubungin aku di 3 IPA 1. Namaku Jo,” katanya.

“Eh, iya,” kata Ewiek. Dia langsung kabur, balik ke kelas. Jantungnya berdebar-debar. Makin lama makin kenceng. Mungkin, she’s got a crush on him! Mungkin.

Dua jam terakhir, bayangan si Dia mulai kabur, terganggu sama Jo. Bukannya Ewiek nggak sayang lagi sama si Dia. Ewiek sendiri juga nggak tau kenapa dia jadi mikirin Jo terus. Yang jelas, rasa sayang dan kangen buat si Dia masih ada di dalam diri Ewiek.

“Kamu jangan marah, ya? aku juga nggak ngerti kenapa, kenapa tiba-tiba aku jadi mikirin Jo terus. Ugh,” gumam Ewiek sambil berkali-kali mengusap foto si Dia yang ada di dalam dompetnya dengan telunjuk. “Tunggu aku pulang, ya? Tunggu aku!”

Nggak terasa, satu hari di sekolah berlalu. Jam terakhir sama sekali nggak terasa buat Ewiek yang lagi bingung.

“Ewiek,” panggil seseorang waktu Ewiek hampir melangkah melewati gerbang. Cewek itu menoleh dan menemukan Jo berdiri di belakangnya. Dia tersenyum. Ewiek seneng banget. Ewiek bahkan nggak peduli darimana dia tau namanya.

“Kamu nggak naik sepeda?” tanyanya.

Ewiek menggeleng. “Sepeda aku rusak. Rantainya yang sudah tua itu akhirnya putus. Belum sempet beli.” Ewiek tiba-tiba merasa bodoh sudah mengatakan hal-hal yang sebenernya nggak penting itu.

Jo tersenyum. “Terus kamu pulang naik apa?” tanyanya.

“Jalan. Deket, kok!”

“Oh, gitu.” Jo diam sebentar. “Daripada jalan, pulang bareng aku aja. Aku anterin pulang, sebagai permintaan maaf,” lanjutnya.

Tanpa pikir dua kali, Ewiek mengiyakan. Nggak lama, Ewiek udah turun dari boncengan motor Jo di depan rumahnya.

“Aku langsung pulang, ya?” katanya.

Ewiek lagi-lagi cuma mengangguk.

Perlahan Ewiek membuka pintu pagar. Mama papa belum pulang kerja dan anak-anak yang kos baru ada beberapa yang udah pulang sekolah. Mereka masih pada makan siang.

“Kamu masih nunggu aku nggak, ya?” tanya Ewiek pelan pada dirinya sendiri. “Moga-moga aja masih. Dan moga-moga aja kamu tadi nggak tau kalo aku pulang dibonceng cowok. Soalnya aku masih pengin meluk kamu, jadi kalo kamu marah, nggak tau deh gimana,” gumamnya lagi begitu dia sampai di depan pintu depan.

Perlahan Ewiek membuka pintu. Wajah ceria si Dia langsung menyambutnya.

“Hai, Dia sayang. Lama nungguin?” tanya Ewiek.

Seekor anjing mungil langsung berlari ke dalam pelukan Ewiek begitu cewek itu bertimpuh di lantai.

“Kangen banget sama kamu. Makan siang, yuk!” Ewiek berdiri dengan si Dia di dalam gedongannya.
 
Tamat (Sukoharjo, 11 April 2003)


 
Note:
Cerpen ini pernah dimuat di harian Solopos yang terbit pada hari Minggu, 01 Juni 2008, pertama kalinya tulisan saya dimuat di media massa. Bahasanya masih SMA banget. Hehehe..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hidup dari Jendela Bus

Bulan Separuh

The World is On Fire, Tentang Serial Daredevil