Tentang Entah

www.polyvore.com



Aku ingin menulis sesuatu, tapi tak tahu apa.
Ada terlalu banyak tumpukan kata,
       terlalu banyak cerita.

Aku ingin menuliskan tentang kekesalan tentang kedunguan.
Tentang bagaimana aku telah menyia-nyiakan waktu dengan begitu bodohnya.
Tentang bagaimana aku telah selalu takut hanya pada apa yang tampak tapi tak berhak,
        dan mengabaikan apa yang tak tampak tapi begitu berhak.
Tentang bagaimana begitu mengkhawatirkan hal-hal yang tak pasti,
        tapi mnegabaikan hal-hal yang pasti terjadi; mati.

Aku ingin menuliskan tentang kekecewaan.
Tentang kamu, tentang aku, dan harapan-harapan.
Tentang harapan yang terlalu tinggi, yang akhirnya tak sesuai kenyataan.
Aku berharap dari kata-katamu yang sempurna,
        tentang kedisiplinan, kejujuran, dan idealisme pendidikan,
        kau akan melahirkan tindakan nyata yang sama.
Tapi apa sekarang?
Kau bilang disiplin itu kunci keberhasilan,
        kau bentak siapa pun yang tak disiplin dan mengikuti aturan,
       tapi kau sendiri melanggarnya, mengabaikan aturan dengan beribu alasan.
Kau bilang kejujuran itu akan melahirkan ketenangan,
       jadi tak boleh kutinggalkan,
      dan bahwa kecurangan itu berkawan dosa
      yang akan membuat kita menderita di hari pembalasan,
      jadi harus aku jauhkan.
       tapi kau sendiri lantas mendewakan dusta, memupuk kecurangan, melupakan kejujuran
      hanya demi akreditasi yang diberikan manusia yang bukan Tuhan.
Kau bilang mendidik itu sampai tuntas, sampai yang kita didik bisa, mampu, ahli.
       jadi tak boleh sembarangan dan harus sesuai aturan.
       tapi kau sendiri yang melepaskan mereka yang sebenarnya belum bisa, belum mampu,
       hanya karena alasan ini dan itu yang tak bermutu.

Aku ingin menuliskan tentang kebohongan.
Tentang manisnya janji dan dusta iklan-iklan.
Tak ada efek samping, katanya.
       sesuatu yang bahkan susunan kimianya saja menakutkan,
       mana mungkin tak ada efek samping yang merugikan?
Pemanis buatan, vitamin C, kalsium tinggi, obat kuat, pencahar, pakai saja sepuasnya.
       abaikan saja tentang efek samping yang ditulis sebegitu kecilnya,
       nikmati saja rasa manis dan efek sementaranya, tak usah pikirkan jangka panjang.

Aku ingin menuliskan tentang .... entah.
Tak tahu apa lagi yang bisa kutulis sekarang.
Terlalu banyak, terlalu menumpuk, terlalu sesak.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hidup dari Jendela Bus

Bulan Separuh

The World is On Fire, Tentang Serial Daredevil