Hanya Perlu Membaca

credit: http://www.pixhd.me


Ada banyak hal yang tak perlu dikatakan karena bisa terbaca jika kita mau membaca.

Aku tak peduli dengan ceritamu. Mereka mungkin menanggapi cerita kita sesekali. Kadang juga mereka melakukan restarting, mengulangi apa yang kita katakan hanya sekedar ingin terlihat bahwa mereka mendengarkan kita. Tapi sebelum kamu selesaikan ceritamu, tiba-tiba mereka memotong dengan cerita lain, tentang berita yang sedang mereka baca saat kita bercerita dengan mereka, misalnya. Lalu setelah mereka selesai dengan ceritanya, mereka tak lantas bertanya lagi tentang bagaimana cerita kita yang terpotong tadi, apalagi tak meminta maaf karena memotong cerita kita. Jika seperti ini, mungkin ada baiknya tak perlu dilanjutkan lagi. Sudahi saja cerita kita karena jelas, dia tak peduli.

Aku tak butuh bantuanmu. Kerja kelompok, tapi mereka tak mengajak kita ikut andil dalam pekerjaan. Mungkin, mereka memang tak membutuhkan bantuan kita. Lalu ketika kita memaksa membantu, kita diabaikan, pertanyaan-pertanyaan kita hanya dijawab sambil lalu dan mereka sibuk dengan pekerjaan mereka sendiri. Ya sudah. Lupakan saja. Tak perlu memaksakan diri untuk membantu. Lebih baik mengerjakan pekerjaan yang lain saja. Biasanya, jika mereka membutuhkan kita, pada akhirnya akan meminta bantuan juga. Tak usah dimasukkan hati.

Aku sedang tak ingin diganggu. Mereka akan menjadi lebih pendiam. Akan tetap menjawab jika ditanya, tetapi rasanya berbeda. Jika kita mencoba bertanya ada apa, biasanya hanya akan dijawab dengan singkat, "tak ada apa-apa" atau "aku baik-baik saja". Padahal kadang kentara sekali jika memang sedang ada apa-apa. Tapi, tak perlu juga kita ambil pusing. Biarkan saja dulu. Karena diakui atau tidak, kadang manusia memang membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri dulu, tak ingin diganggu.

Kamu tak lebih baik dariku. Lihat cara mereka melihat kita. Pandangan matanya, air mukanya, bahkan caranya berdiri atau duduk. Semua itu akan sangat memperlihatkan apa yang sedang mereka pikirkan tentang kita. Ah, tapi panjang jika dijelaskan sekarang. Ada ilmunya. Tapi yang jelas, seperti ini bisa dibaca.

Ya, ada banyak hal yang tak perlu dikatakan karena bisa terbaca jika kita mau membaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hidup dari Jendela Bus

Bulan Separuh

The World is On Fire, Tentang Serial Daredevil