Mudik

photo credit: IG @agoeng_hryo17



"Alhamdulillah.. Lancar banget perjalanan kita. Kalo kayak gini terus sampai rumah, bisa kayaknya kita sampai sebelum magrib."

"In shaa allah."

"Sempet buat nyusul ke acara reunian SMP."

"Ada reunian hari ini?"

"Iya. Cuman emang adek udah bilang ke mereka ga bisa janji buat dateng. Soalnya kan bakalan tergantung kondisi lalu lintas juga: macet apa ga. Tapi kalo lancar kayak gini, kayaknya bisa dateng ya kita, Mas?"

"Terus, besok kamu ada reuni SMA juga?"

"Iya, Mas. Lusa juga ketemuan sama temen kuliah. Sama habis lebaran ada halal bi halal sama temen SD."

"Kamu harus dateng ke semuanya, Dek?"

"Pengennya sih. Kenapa emangnya, Mas? Ga boleh ya adek dateng reunian?"

"Kita cuma bisa mudik enam hari, dua hari full bakalan kita pakai buat dateng ke rumah keluarga besarmu. Terus yang empat hari kamu pakai buat ketemuan sama temen-temen lamamu?"

"Iya."

"Terus kapan waktumu buat bapak ibu?"

"Mmmm..."

"Mas ga ngelarang kamu reunian. Cuma, setiap tahun kita cuma sempet pulang kalo lebaran, itu pun harus gantian: pulang ke orang tuamu atau orang tuaku. Kalo ga gitu, paling cuma kalo ada hal penting banget. Kita ga punya banyak waktu dan biaya buat berbakti sama mereka, buat sering-sering nengokin mereka."

"Iya sih, Mas. Cuma kan adek juga perlu menjalin silaturahmi sama temen-temen. Lagian kan setiap bulan kita sudah kirim uang ke bapak ibu. Terus, tiap hari juga telponan."

"Dek, uang sebanyak apa pun yang kita kirim buat bapak sama ibu itu ga akan cukup buat ganti setetes darah yang ibu keluarkan sewaktu melahirkan kamu. Ga juga bisa buat ganti capeknya bapak waktu nafkahin kamu dulu. Apalagi buat menghapus dosa-dosamu yang ikut bapak tanggung sebelum kamu jadi istriku."

"Ah, Mas kok malah bikin adek nangis gini, sih?"

"Makanya, kita habisin lebih banyak waktu buat bapak sama ibu, ya? Biar mereka seneng. Mumpung mereka masih ada semua. Ladang pahalamu itu. Ya?"

"Tapi, adek masih boleh kan buat ketemuan sama temen-temen, Mas"

"Boleh, tapi ya proporsi waktumu diatur. Banyakin buat bapak sama ibu, ya?"

"Iya.. Makasih ya, Mas?"

"Iya."


Sukoharjo, 3 Juni 2019
#Mudik #30CeritaRamadan2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hidup dari Jendela Bus

Bulan Separuh

The World is On Fire, Tentang Serial Daredevil